PPP Unggul Pada PSU di TPS 4 Desa Perkebunan Sungai Lala Kabupaten Inhu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 4 Desa Perkebunan Sungai Lala Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Inhu Provinsi Riau, Sabtu (29 Juni 2024).

PSU tersebut digelar untuk menindaklanjuti keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) perihal perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pileg 2024.

Pelaksanaan PSU ini berjalan sukses, hal ini dapat dilihat dari partisipasi pemilih yang tinggi dan kelancaran pelaksanaan, dari jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebelumnya adalah 295 orang.

Namun, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 6 Juni lalu, jumlah tersebut dikurangi 13 pemilih dan ditambah tiga pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTB), sehingga totalnya menjadi 285 pemilih.

Dari jumlah tersebut hadir menggunakan hak pilih mereka sebanyak 262 pemilih. Setelah dilakukan penghitungan suara dari 262 suara pemilih tersebut PPP menang telak dengan meraih 128 suara disusul oleh Partai Demokrat 90 suara, Partai Golkar 36 suara dan Partai Nasdem 2 suara serta 6 suara dinyatakan hangus.

Ketua KPU Inhu, Ronaldi Ardian kepada wartawan usai pelaksanaan PSU, menyatakan rasa syukurnya atas terlaksananya PSU dengan aman dan lancar.

“Alhamdulillah sudah dapat terlaksana dengan aman dan lancar, semua ini terlaksana tentunya tidak lepas dari bantuan dan partisipasi semua pihak,” ungkapnya.

Ronaldi menjelaskan, setelah tahapan PSU di tingkat TPS, akan dilanjutkan ke tingkat PPS, sesuai jadwal rekapitulasi suara tingkat Kecamatan (PPK) akan dilaksanakan pada Ahad (30/6/2024).

“Sedangkan pleno rekapitulasi penghitungan hasil suara tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada Rabu (3/7/2024) mendatang,” jelasnya.***

  • Bagikan