Butuh Pemimpin Muda Berkualitas, Mohd Ilham : Ilham Muhammad Yasir Representatif Pemuda Meranti

  • Bagikan

Kepulauan Meranti – Bulan November 2024 Kabupaten Kepulauan Meranti akan mengadakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk menentukan pemimpin masa depan.

Hal tersebut mendapatkan tanggapan dari aktivis muda Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kepulauan Meranti Mohd Ilham. Ahad (23/06/24)

Dikatakan Ilham ke awak media sampai sejauh ini dari Bakal Calon (Bacalon) yang muncul dianggap belum mampu menjawab persoalan daerah sekaligus menjadi representasi anak muda bicara Meranti kedepan.

“Saya lihat kita kurang melakukan komunikasi dengan seluruh elemen dan jajaran kepemudaan di Meranti sehingga kita lupa bahwa ada anak muda dari Pulau Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti yang saya kira bisa menjawab keresahan Meranti selama ini, beliau adalah Ilham Muhammad Yasir,” katanya.

Ia menjelaskan latar belakang Ilham Muhammad Yasir diwilayah pendidikan yang baginya layak untuk diperhitungkan.

“Ilham Muhammad Yasir adalah seorang akademisi, menyelesaikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Andalas (1995-1999), menyelesaikan S2 Magisternya di Fakultas Hukum Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tahun (2004-2006) dan beliau bukan saja bergelut di dunia akademisi tapi juga di organisasi eksternal maupun paguyuban,” tambahnya.

Selain itu, Mohd Ilham juga menceritakan rekam jejak Ilham Muhammad Yasir yang juga pernah menjadi seorang jurnalis profesional di riaupos dan pernah sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau selama dua periode.

“Saya pikir rekam jejak dan sepak terjang Bang Ilham Muhammad Yasir ini dengan kondisi keluarga pada saat itu kurang mampu untuk menyekolahkan beliau membuat kita percaya bahwa orang seperti ini mampu untuk menjadi Bupati Kepulauan Meranti mewakili anak muda hari ini, saya kira dari awal saja beliau sudah betul-betul berjuang, typecal orang gigih, tekun dan pantang menyerah, jadi bisa kita lihat dari historis perjuangannya yang luar biasa itu mampu bergelut diberbagai bidang diusia yang masih terbilang muda,” bebernya.

Dilanjutkan Mohd Ilham menjelaskan Ilham Muhammad Yasir sudah melewati proses pahit itu tentunya ini bukan suatu hal yang mudah bagi beliau yang tidak mumpuni dibidang ekonomi waktu itu.

“Tak kita ragukan lagi Bang Ilham Muhammad Yasir ini kalau untuk menjadi Bupati Meranti kedepan, kita dari kaula muda siap mensupport dan mendorong penuh atas niat baik ini karena Meranti memang butuh pemimpin yang lahir dari orang akademis, kemudian juga aktif di dunia organisasi, apalagi sudah pernah menjadi komisioner dan ketua KPU Riau terhitung dua periode,” tuturnya.

Ditambahkan Mohd Ilham mengatakan selama ini yang menjadi pemimpin Meranti dianggap belum tuntas menyelesaikan permasalahan, jarang lahir dari kaum organisatoris maupun aktivis sejati, sehingga memandang Meranti dengan pandangan sempit.

“Kalau dilihat Meranti selama ini hanya pernah dipimpin oleh orang-orang yang sebatas berbicara konteks Daerah tertinggal, tapi tidak mampu untuk menyelesaikan persoalannya sehingga hari ini kita dari kaum muda akan berjabat tangan dan merangkul teman-teman yang lain untuk mendorong anak-anak muda berkualitas Meranti yang siap bertarung di kontestasi Pilkada di November mendatang,” terangnya.

Lebih dalam, Mohd Ilham menuturkan sudah saatnya Meranti dipimpin oleh generasi muda berkualitas dengan rekam jejak dan pencapaian yang diakui.

“Ilham Muhammad Yasir menjadi representatif anak muda yang tidak bisa ragukan lagi, saya kira dengan pengalaman beliau tau betul apa-apa saja persoalan daerah di tambah dengan rekam jejak sebagai aktivis artinya beliau mampu menguraikan persoalan Meranti dan mencari jalan keluar atas keterpurukan ini, kita siap mendorong beliau Menjadi Bupati Kepulauan Meranti,” tutupnya.   (rls)

  • Bagikan